Makanan yang Harus Dibatasi untuk Pengidap Vertigo

Penting untuk dipahami, makanan apa yang terbaik untuk vertigo dan apa saja makanan yang memicu vertigo dan harus benar-benar dihindari. Makanan apa yang perlu dibatasi pada pengidap vertigo? Mari kita simak bersama pada artikel berikut =)

Vertigo

Biasanya dikenal secara umum sebagai halusinasi Gerakan atau ilusi bergerak. Keluhan vertigo yang dapat ditemukan seperti rasa berputar-putar atau lingkungan sekitar terasa bergerak (vertigo sirkuler), terkadang ditemukan juga keluhan seperti rasa didorong atau ditarik menjauhi bidang vertical (vertical linier). Vertigo bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan sindrom yang terjadi akibat gangguan keseimbangan pada sisitem vestibular ataupun gangguan pada saraf pusat. Vertigo juga dapat terjadi dikarenakan gangguan pada alat keseimbangan tubuh yang terdiri dari reseptor pada visusal (retina), vestibulum (kanalis semisirkularis) dan proprioseptif (tenfon, sendir dan sensibilitas dalam)​1​. Penyebab lain dapat menyebabkan vertigo. Ini termasuk vertigo yang diinduksi obat dan gangguan psikologis, termasuk suasana hati, kecemasan, dan somatisasi. Obat-obatan yang telah dikaitkan dengan vertigo termasuk antikonvulsan seperti fenitoin dan salisilat ​2​.

Vertigo dapat terjadi pada pria dan Wanita, akan tetapi sekitar 2-3 kali lebih sering terjadi pada wanita dari pada pria​3​. Hal ini telah dikaitkan dengan berbagai kondisi komorbid, termasuk depresi dan penyakit kardiovaskular. Prevalensi vertigo meningkat seiring bertambahnya usia dan bervariasi tergantung diagnosis yang mendasarinya. Berdasarkan survei prevalensi vertigo 1 tahun adalah sekitar 5% dan insiden tahunan 1,4%. Dampak vertigo tidak boleh diremehkan karena hampir 80% responden survei melaporkan gangguan dalam kegiatan sehari-hari, termasuk pekerjaan dan kebutuhan akan perhatian medis tambahan​2​

Makanan yang kita makan memiliki pengaruh penting pada kesehatan kita. Pilihan diet dapat mengubah atau mempengaruhi pola penyakit dan kemajuan. Untuk pasien vertigo ada beberapa kendala dalam pilihan diet mereka, mereka dapat meningkatkan atau mengurangi risiko serangan vertigo. Beberapa orang mulai merasa pusing setelah makan makanan tertentu sementara yang lain mengalami peningkatan kondisi vertigo setelah melakukan diet vertigo.​4​

Makanan untuk mengontrol vertigo

Jika anda mengalami kondisi vertigo anda harus membatasi makanan berikut ini :​4​

  1. Hindari mengkonsumsi cairan yang memiliki kandungan gula atau garam yang tinggi di dalamnya, seperti minuman pekat dan bersoda. Dikarenakan dapat memicu vertigo
  2. Asupan kafein. Kafein dapat meningkatkan sensasi dering di telinga orang yang memiliki masalah vertigo. Asupan kafein harus diatur pada pasien yang menderita penyakit meniere dan migrain vestibular. Kafein sangat dibatasi dalam diet migrain vestibular. Kafein biasanya terkandung didalam kopi, teh dan beberapa minuman berenergi.
  3. Kelebihan asupan garam. Garam menyebabkan retensi kelebihan cairan dalam tubuh yang mempengaruhi keseimbangan cairan dan tekanan. Garam tinggi dalam diet mengganggu homeostasis internal sistem vestibular. Pasien dengan penyakit Meniere dan migrain vestibular diminta untuk membatasi asupan garam mereka atau Anda mungkin mulai merasa pusing dan memicu gejala lebih jauh. Makanan yang kaya sodium seperti makanan ekstrudat, keripik, dan makanan kaleng harus dihindari. Anda dapat mengganti garam biasa Anda dengan garam natrium rendah karena natrium adalah penyebab utama dalam memperburuk vertigo.
  1. Asupan nikotin / Merokok. Nikotin dikenal untuk menyempitkan pembuluh darah. Masalah vestibular yang timbul karena penyempitan vaskular akan memburuk oleh konsumsi nikotin / merokok. Nikotin mengurangi aliran darah ke otak dan menghambat pemulihan dengan kompensasi vestibular.
  2. Asupan alkohol. Alkohol mempengaruhi metabolisme, dehidrasi tubuh, dan metabolitnya berbahaya bagi telinga bagian dalam dan otak. Dapat memicu serangan vertigo yang parah, migrain, muntah dan mual pada orang yang rentan vertigo. Selain itu, Alkohol dapat mengganggu pemrosesan sentral otak yang menghambat kompensasi vestibular dan mempengaruhi fungsi kognitif yang berdampak negatif terhadap pemulihan pasien. Hal ini juga dapat memperburuk vertigo dengan mengubah dinamika cairan telinga bagian dalam. Anggur adalah pemicu serangan migrain yang diketahui.
  3. Makanan olahan & daging adalah beberapa makanan yang harus dihindari dengan vertigo.
  4. Makanan yang digoreng harus benar-benar dihindari ketika Anda melakukan diet vertigo.

Baca : Dapatkah merokok meningkatkan tekanan darah?

Referensi

  1. 1.
    Setiawati M, Susianti S. Diagnosis dan Tatalaksana Vertigo. Majority. 2016;5(4):91-95.
  2. 2.
    Vertigo. National Center for Biotechnology Information. Published 2021. Accessed September 4, 2021. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK482356/.
  3. 3.
    Initial evaluation of vertigo. National Library of Medicine. Published online 2006. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16445269/
  4. 4.
    Here’s A Diet To Help You With Your Vertigo! . Neuro Equilibrium. Published 2021. Accessed September 4, 2021. https://www.neuroequilibrium.in/diet-to-help-you-with-your-vertigo/.

Editor : Ayu Rahadiyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *