Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) tahun 2020 [PDF]

Tahun 2020 dilakukan revisi dari buku kesehatan ibu dan anak (KIA) tahun 2015. Mari kita simak beberapa revisi yang dilakukan =)

Petunjuk Penggunaan

Buku KIA berisi lembar informasi dan catatan kesehatan serta catatan khusus adanya kelainan ibu selama hamil, bersalin sampai nifas serta anak (janin, bayi baru lahir, bayi, dan anak sampai usia 6 tahun). Informasi di dalamnya ini sangat penting digunakan untuk pemantauan kesehatan dan catatan khusus adanya kelainan pada ibu serta anak.

Setiap ibu hamil mendapat 1 buku KIA untuk kehamilan tunggal dan mendapat tambahan 1 buku KIA lagi untuk anak yang lain pada kehamilan kembar. Buku KIA dapat diperoleh pada Polindes, Puskesmas Pembantu (Pustu), Puskesmas, rumah sakit, tempat praktik bidan, dokter, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dokter spesialis anak serta sarana pelayanan kesehatan lainnya milik Pemerintah atau Swasta.

Buku KIA harus dibaca dan dimengerti ibu dan keluarga, ditunjukkan pada petugas kesehatan dimanapun pelayanan kesehatan diberikan, untuk dicatatkan tindakan yang diberikan. Setiap informasi tentang kesehatan dan catatan khusus adanya kelainan pada ibu serta anak harus dicatat di dalam buku KIA.

Revisi Buku KIA 2020

Beberapa perbedaan pada Buku KIA 2020 antara lain :

  • Dibuat 2 cover untuk ibu hamil dan untuk anak
  • Form pencatatan dahulu diikuti komunikasi informasi edukasi (KIE)
  • Ada form pernyataan ibu/keluarga tentang pelayanan kesehatan anak yang sudah diterima
  • Pemantauan kesehatan pada bagian KIE lebih mudah dipahami ibu dan keluarga
  • Update kebijakan ante natal care (ANC), post natal care (PNC)

Terdapat penambahan informasi peran ibu/keluarga, kader, guru PAUD, tenaga kesehatan pada petunjuk penggunaan. Selain itu juga terdapat beberapa update pada pelayanan kesehatan neonatus 0 – 28 hari, imunisasi, SDIDTK, PMBA, Vit A & obat cacing. Pada KMS ditambahi dengan kurva WHO sesuai jenis kelamin anak usia 0-5 tahun.

Baca Artikel : Standar Antropometri Anak (Terbaru)

Untuk KIE terdapat penambahan informasi terkait kelas ibu balita, pola asuh dipisahkan (anak usia 0 – 3 tahun, 3-6 tahun, dan anak dengan disabilitas), bayi baru lahir/neonatus, balita (0-59 bulan). Selain itu juga ada update pemenuhan gizidan perawatan anak (usia 0-24 bulan, usia 2-5 tahun), kesehatan lingkungan, keselamatan lingkungan, dll. Informasi yang tidak ada di versi 2015 namun ada di versi 2020 ini yaitu terkait kesiapsiagaan dalam situasi bencana dan catatan apresiasi terhadap ayah, ibu, pengasuh yang telah memenuhi hak kesehatan anak.

Download disini atau copy paste pada alamat di bawah ini https://www.dropbox.com/s/9zjvo3zj65j0qbx/1%20BUKU%20KIA%20REVISI%202020%20LENGKAP.pdf?dl=0

Referensi

Kementerian Kesehatan RI. Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta : Kementerian Kesehatan dan JICA (Japan International Cooperation Agency); 2020.

Ayu Rahadiyanti

Executive Editor Ahli Gizi ID | Lecturer | Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *