TIPS AMAN MELAKUKAN AKTIVITAS FISIK DI MASA PANDEMI COVID-19

Di era pandemi covid-19 banyak pembatasan kegiatan yang dilakukan termasuk terkait aktivitas fisik. Bagaimana tips aman aktivitas fisik di masa pandemi covid-19? Mari kita simak pada artikel berikut.

Physical Distancing

Sejak tahun 2020 kita dikejutkan dengan adanya penyakit Coronavirus disease atau biasa dikenal dengan Covid-19, sebuah infeksi penyakit yang disebabkan oleh jenis virus baru dan ditemukan pada tahun 2019. Virus ini dapat ditularkan melalui droplet (percikan bersin dan air liur), serta melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi Covid-19. Oleh karena itu, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 perlu dilakukan pencegahan dengan beberapa langkah penting diantaranya memakai masker, menjaga jarak fisik (physical distancing), mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.​1​

Dibuatnya kebijakan physical distancing sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, juga berdampak pada pola pembatasan aktivitas manusia dari berbagai sektor kehidupan, salah satunya pada bidang pendidikan, dimana anak-anak tidak lagi datang ke sekolah ataupun kampus untuk belajar secara tatap muka yang pada akhirnya dialihkan dengan pembelajaran online menggunakan aplikasi video conference. Walaupun di kondisi pandemi Covid-19 seperti ini melakukan aktivitas fisik sangat direkomendasikan meski dilakukan dirumah dan dalam ruang yang terbatas.​1​

Aktivitas Fisik di Masa Pandemi

Melakukan aktivitas fisik di tengah pandemi Covid-19 menjadi tantangan kita bersama, dimana adanya keterbatasan untuk bergerak agar tidak terjadi transmisi virus Covid-19. Jenis aktivitas fisik yang dilakukan tergantung dari pilihan kita. Melakukan aktivitas fisik di luar rumah saat pandemi diperbolehkan asal memenuhi protokol kesehatan.​2​ Namun pada beberapa penelitian melaporkan bahwa olahraga dalam ruangan (indoor) memiliki risiko untuk tertular infeksi virus Covid-19 lebih besar, dikarenakan banyaknya orang yang berada dalam ruangan olahraga mempermudah terjadinya transmisi. Sehingga sangat dibutuhkan protokol kesehatan yang ketat dan tepat dengan tujuan untuk menghindari kontak fisik atau berdekatan dengan orang lain maupun benda-benda yang bisa terkontaminasi.​3​

World Health Organization menganjurkan untuk melakukan latihan fisik dengan intensitas sedang selama 150-300 menit per minggu atau dengan intensitas berat selama 75-150 menit per minggu, atau juga bisa dikombinasikan keduanya. Olahraga seperti ini dapat dilakukan di rumah meskipun tidak ada bantuan alat sekalipun, bahkan di ruangan terbatas, bukan di pusat kebugaran. Berikut aktivitas fisik yang dapat dilakukan dirumah selama masa pandemi Covid-19 yaitu mengambil waktu sesaat untuk beraktivitas fisik setiap hari secara rutin misalnya menari, bermain dengan anak, mengerjakan pekerjaan rumah sehari-hari seperti membersihkan rumah, atau berkebun. Bisa juga melakukan olahraga sendiri di rumah dengan panduan video-video yang banyak kita temui di YouTube atau media sosial lainnya. Selain itu aktivitas sederhana seperti jalan di tempat dalam jangka waktu tertentu, atau berjalan di sekeliling rumah untuk mengurangi banyak duduk dan berbaring, dan selalu mengupayakan bangun berdiri setiap 30 menit dari posisi duduk.​3​

Baca Artikel : Penggunaan Glukosa Selama Aktivitas Fisik

Bagaimana Aktivitas Fisik yang Aman di Masa Pandemi?

Aktivitas fisik memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19. Aktivitas fisik harus tetap dilakukan walaupun di kondisi pandemi. Oleh sebab itu ada beberapa tips aman melakukan aktivitas fisik di kondisi pandemi Covid-19 seperti : ​2​

  1. Jangan melakukan aktivitas fisik saat sakit seperti demam, batuk dan kesulitan bernafas. Jika anda mengalami hal tersebut lebih baik berada di rumah, mencari bantuan medis dan ikuti protokol kesehatan yang ada.
  2. Saat berjalan atau bersepeda keluar, selalu terapkan memakai masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum pergi ke tempat tujuan dan saat pulang ke rumah.
  3. Menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol (hand sanitizer) jika tidak ada sabun dan air mengalir.
  4. Saat pergi ke ruangan terbuka atau tempat umum untuk melakukan aktivitas fisik, selalu terapkan protokol kesehatan diantaranya memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer sebelum pergi dan saat pulang ke rumah.
  5. Serta selalu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di tempat tersebut, terutama mengenai jumlah maksimal orang yang diperbolehkan berada dalam satu waktu.

Aktivitas fisik yang rutin dilakukan dapat membantu menurunkan risiko hipertensi, menjaga berat badan normal serta menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes dan penyakit lainnya. Aktivitas fisik juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas dan kebugaran. Pada orang tua, aktivitas fisik bermanfaat sebagai peningkatan keseimbangan karena dapat mengurangi kejadian jatuh atau cedera. Pada anak-anak aktivitas fisik dapat mendukung tumbuh kembang yang sehat dan mengurangi resiko-resiko penyakit yang bisa terjadi di usia dini. Selain itu juga dapat mengembangkan kemampuan anak dalam bersosialisasi bersama teman-temannya.​2​ Manfaat-manfaat ini lah yang sangat dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19, karena penurunan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler dan metabolik tentunya akan menurunkan tingkat keparahan dari Covid-19.​3​

Lebih Lanjut : Tips Mencegah Hipertensi

Referensi

  1. 1.
    Ashadi K, Andriani L, Pramono B. Pola Aktivitas Olahraga Sebelum dan Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Fakultas Olahraga dan Fakultas Non-olahraga. Jurnal Sportif : Jurnal Penelitian Pembelajaran. 2020;6(3):713-728.
  2. 2.
    Wicaksono A. Aktivitas Fisik Yang Aman Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha. 2020;8(1):10-15.
  3. 3.
    Setyaningrum D. Pentingnya Olahraga Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Biomedika dan Kesehatan. 2020;3(4):166-168.

Editor : Ayu Rahadiyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *