Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami – Rahasia para Ahli Gizi

Obesitas, Masalah yang Tak Kunjung selesai

Kegemukan (overweight)/ Obesitas merupakan salah satu musibah kelam yang dimiliki hampir setiap orang di Dunia. Bagaimana tidak, kegemukan sejatinya sangat menganggu baik dari penampilan maupun dari segi kesehatan. Namun sebelum kita bahas kenapa kok kegemukan menjadi sesuatu yang kelam. alangkah baiknya kita mengenal apa itu Obesitas.

1 dari 5 orang Indonesia mengalami Kegemukan
(gambar: https://www.phillyvoice.com/obesity-bmi-calculator-risk/ )

Secara umum, obesitas / kegemukan adalah kondisi berat badan seseorang yang melebihi batas normalnya. berapa batas normalnya ? bagaimana cara menghitungnya ? baca terus artikel ini sampai selesai dan kamu akan temukan jawabannya.

Obesitas memang merupakan indikasi adanya kelainan dalam tubuh. Tentunya semua orang tidak ingin hal ini terjadi pada dirinya. Sehingga banyak berkembang di masyarakat berbagai macam program diet yang ditawarkan mulai dari jendela makan, OCD, diet keto, paleo, vegetarian, DEBM, Eat Clean, Water Fasting, dll. Bahkan tak sedikit yang masih menjadi kontroversi di kalangan masyarakat.

Kasus kegemukan meningkat terus

Hasil utama Riskesdas 2018 menunjukkan terjadi peningkatan angka kegemukan dan obesitas di Indonesia (gambar : https://activemovement.net )

DATA Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) terbaru menunjukkan prevalensi obesitas + kegemukan di Indonesia terus meningkat. Dari 19,1% (2007) menjadi 26,3% (2013), lalu 35,4% di Riskesdas 2018.​1,2​ Hal ini berarti, 1 dari 3 masyarakat Indonesia mengalami kegemukan dan obesitas. So Scary… !

Penyebab kegemukan

Terjadinya kegemukan atau obesitas tidak serta merta karena kesalahan makan (kelebihan kalori). akan tetapi, kegemukan disebabkan oleh banyak faktor (multifaktorial).​3–6​

Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas, antara lain :

  1. Genetik

    Faktor keturunan merupakan salah saut komponen terbesar yang bisa memicu obesitas. Anak dari orangtua yang obesitas 1,7 kali berisiko mengalami obesitas dibanding anak yang orangtuanya memiliki berat badan ideal.

  2. Pola makan yang salah

    Tidak dipungkiri lagi bahwa pola makan yang mengadung kalori berlebih mengakibatkan terjadinya kegemukan. dan tentunya kalori berlebih ini yang dimaksud adalah yang sudah menjadi kebiasaan yang sudah lama (bertahun-tahun). Bila hanya sesekali biasanya tidak langsung menyebabkan berat badan naik.

  3. Gaya hidup sedentari

    gaya hidup sedentari (sedentary) atau lebih beken dengan istilah Mager (malas gerak) adalah kebiasaan seseorang yang minim melakukan kegiatan aktivitas fisik di dalam kesehariannya. Hal ini sudah banyak dijelaskan di banyak penelitian mengakibatkan obesitas dan kegemukan karena kalori yang seharusnya terbuang menjadi tertumpuk di dalam tubuh.

  4. Obat-obatan

    Beberapa obat-obatan lain yang bisa memicu kenaikan berat badan adalah obat diabetes dan antipsikotik yang sering digunakan untuk meredakan masalah mental. Obat-obatan ini mengubah fungsi tubuh dan otak Anda, menyebabkan meningkatkan nafsu makan dan berkurangnya tingkat metabolisme Anda. Hal tersebutlah yang memicu kenaikan berat badan.

  5. Stress

    Sebagian orang yang apabila dilanda stress basanya cenderung tidak nafsu makan, namun ada orang yang justru ketika stress justru meningkatkan intensitas makannya. konsumsi makanan di saat-saat seperti itu justru akan membuat kamu mengonsumsi makanan lebih banyak, yang pada akhirnya akan menumpuk kalori, gula, serta lemak di dalam tubuh. Nah, hal inilah yang menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan tanpa disadari.

  6. Kurang tidur

    Kurang tidur dapat menyebabkan obesitas melalui peningkatan nafsu makan akibat dari perubahan hormonal. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda menghasilkan Ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan. Kurang tidur juga mengakibatkan tubuh Anda memproduksi lebih sedikit Leptin, hormon yang menekan nafsu makan

Kenapa Berat Badan Harus Ideal ?

Sebagian orang membuat pertanyaan di dalam pikirannya : “memangnya kenapa kalo gendut?” (gambar : https://meaww.com/popular-fashion-brand-revolve-backlash-insenstive-jumper-tess-holliday-responds )

Bila ditanya mengenai pertanyaan ini kebanyakan orang pasti menjawab agar terlihat menarik. Bukanlah menjadi suatu masalah penampilan dijadikan alasan utama kenapa berat badan harus ideal, tapi perlu diingat bagi ahli gizi bahwa penampilan bukanlah alasan utama kenapa berat badan harus ideal, ada yang lebih penting yaitu kesehatan.

Kadar lemak yang berlebihan dapat merangsang pengeluaran mediator inflamasi. Inflamasi dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit: aterosklerosis, sindrom metabolik, resisten insulin, diabetes mellitus, depresi, kanker, gangguan fungsi ginjal, stroke, penyakit kardiovaskular dan macam-macam lainnya​7​.

Ngeri ya! Makanya, berat badan ideal merupakan aset penting agar kesehatan terjaga. “Saya emang sudah gemuk dari lahir, Mas.” Ya usaha dong jangan pasrah!

bagi ahli gizi bahwa penampilan bukanlah alasan utama kenapa berat badan harus ideal, ada yang lebih penting yaitu Kesehatan

AhliGiziID

mari lanjutkan membaca artikel di bawah ini sampai selesai dan kami JAMIN 100% berat badanmu akan turun/ideal

Memperbaiki Mindset yang salah

Mayoritas dari kita yang ingin memulai diet adalah kebanyakan “tapi”. Tapi sibuk, tapi nggak sempat olahraga, tapi martabak masih enak, dan beribu alasan lainnya. Itu namanya belum punya alasan kuat, belum punya motivasi, atau mindsetnya belum benar

Perubahan gaya hidup jangka panjang membutuhkan alasan yang kuat, mindset yang benar, motivasi yang benar, “strong why” yang tepat, agar tak salah arah. Motivasi yang hanya sekadar “biar kurus” menurut saya bukan motivasi jangka panjang. Alasannya kurang kuat. Rapuh.

Setelah kurus, lalu apa? Mau ngapain? Pun juga, biasanya yang motivasinya jangka pendek begini, setelah kurus bakal balik ke kebiasaan semula. Makan nggak jelas, malas olahraga, dan kembali menggemuk. Kolesterol, asam urat, dan tekanan darah kembali naik.

Maka, jangan hanya berpikir untuk kurus atau langsing, tetapi pikirkan bagaimana diet sungguh bisa meningkatkan derajat kesehatan.

@Rizalnutritionist

Cara Kilat Menurunkan Berat Badan

contoh iklan penurun berat badan secara kilat

Tertarik dengan iklan-iklan diatas ?

wajar, namanya juga iklan, hehe… ada testimonialnya pula

Apakah iklan tersebut bohong ? saya rasa tidak, itu benar adanya 2 minggu turun 8 kg emang. lha terus dimana salahnya ?

SALAHNYA ADALAH PROSES TERSEBUT TIDAK ALAMI !

kamu boleh cek ke ahli gizi manapun (beneran sarjana gizi/ dietisien lho ya.. jangan yang kaleng-kaleng), yang namanya penurunan berat badan hingga 8 kg dalam 2 pekan pasti tidak direkomendasikan. Hal tersebut karena terlalu cepat dan BERBAHAYA. tidak sesuai dengan kaidah penurunan berat badan 0,5 – 1 kg/ pekan.

So, lupakan penurunan berat badan secara kilat. itu tidak pernah ada di dalam kamus seorang ahli gizi. laluilah tahapan-tahapan penurunan berat badan dengan penuh kesabaran. kalau kata orang jawan “Ojo grusa-grusu

TAPI ADA YANG BENERAN TURUN 10 KG DALAM SEBULAN DAN SEKARANG SEHAT-SEHAT AJA ?

YA, KEBETULAN. Apakah kamu udah pernah tahu berapa banyak yang mati karena kesalahan diet? BANYAK, cuman ga pernah diexspose.

efek mengerikan dari Penurunan berat badan kilat

Pada intinya, mengetahui kondisi ketahanan tubuh sangat perlu sebelum memulai diet penurunan berat badan apapun. Jangan sampai diet menurunkan berat badan malah menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ragam diet yang dicoba bisa mengubah serangkaian proses biologis dalam tubuh.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan penurunan berat badan lebih lambat, bahkan memicu berat badan naik. ”Ketika kita mengurangi asupan energi selama diet, metabolisme istirahat tubuh kita menurun sampai tingkat yang lebih tinggi dari yang diperkirakan. Fenomena itu disebut ‘thermogenesis adaptif’, yang membuat penurunan berat badan lebih sulit dicapai,” kata Nuala Byrne chief of reasearch dari Australia.

Langkah Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Nah sampailah pada pembahasan bagaimana langkah-langkah menurunkan berat badan secara alami.

1. Keseimbangan Energi Negatif : Kunci Utama

semua jenis diet itu sama kunci utamanya, yang beda cuma penamaanya saja. Di dalam diet penurunan berat badan kesimbangan energi negatif adalah cara satu-satunya untuk menurunkan berat badan secara alami.

Bingung ? apa itu keseimbangan energi ? apa maksudnya negatif ?

Energi adalah satuan utama tenaga yang dihasilkan untuk bekerja. Energi dalam tubuh manusia berasal dari makanan. Energi dapat disimpan di dalam tubuh maupun dapat dikeluarkan apabila terdapat aktivitas fisik. agar tidak bingung berikut kami simulasikan dalam sebuah gambar

apabila terjadi keseimbangan energi makan seseorang tidak akan bertambah gemuk/kurus
proses terjadinya kegemukan karena keseimbangan energi positif
proses terjadinya penurunan berat badan secara alami : karena keseimbangan energi negatif

Menurunkan kalori dapat dilakukan dengan mengurangi sekitar 300 Kalori/hari dan meningkat hingga 500 Kalori/hari secara bertahap. Pengurangan 300 kalori dapat diperoleh dengan tidak mengonsumsi 1 porsi sumber karbohidrat, 1 porsi protein, dan 1 porsi sayur/buah. Penurunan hingga 500 kalori dapat meningkatkan berat badan 0,5 – 1 kg/minggu.

Contoh makan sehari untuk menurunkan berat badan, 100gr jenis karbohidrat seperti nasi putih, nasi jagung, kentang, singkong, dan bubur beras. 50gr jenis protein nabati seperti tahu dan tempe, 50gr jenis protein hewani seperti telur ayam tanpa kuning, daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, dan ikan segar seperti ikan tongkol, ikan kakap, ikan dorang dan ikan dori. Sayuran dan buah yang disarankan diantaranya bayam, genjer, gambas, selada, taoge, sawi, mangga jambu air, anggur, pepaya,belimbing dan jeruk manis.

2. Ga boleh asal makan

diet (pengaturan makan) ga hanya makan asal keseimbangan energi negatif saja, akan tetapi juga penting menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang baik dan sehat. itu makannya kita diharuskan mengikuti anjuran GIZI SEIMBANG

makanan yang berbeda tetapi mengandung kalori yang sama

3. Aktivitas Fisik / Olahraga

Olahraga pada dasarnya merupakan kebutuhan setiap manusia di dalam kehidupan, agar kondisi fisik dan kesehatannya tetap terjaga dengan baik. Olahraga dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, osteoporosis, bentuk kanker, obesitas, dan cedera. Partisipasi dalam olahraga juga dikenal untuk mengurangi depresi, stres dan kecemasan, meningkatkan kepercayaan diri, tingkat energi, kualitas tidur, dan kemampuan untuk berkonsentrasi.

Selain itu manfaat dari olahraga dapat menurunkan berat badan karena kalori yang terbuang saat melakukan gerakan olahraga. Contohnya 1-2 jenis olahraga dan kalori yang dibakar berapa. Misal: lari dgn kecepatan … km/jam dapat membakar kalori sebesar … kkal. Anjuran olahraga untuk menurunkan berat badan setidaknya 150 menit/minggu, dapat dibagi sebanyak 3 – 5x/minggu tergantung dari ketersediaan waktu masing-masing.

MALES OLAHRAGA ? TENANG ! bersih-bersih rumah, cuci motor, memasak, jalan ke pasar, itu semua sifatnya sama dengan olahraga kok.

4. PUASA

tips yang sederhana namun sering dilupakan : PUASA . Ya, selain merupakan ibadah, cara ini efektif untuk membuat keseimbangan energi kita menjadi negatif.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 membandingkan efek dari kondisi defisit kalori antara kelompok yang berpuasa dan kelompok yang tidak berpuasa terhadap berat badan dan komposisi tubuh. Hasilnya? Kedua kelompok, baik yang berpuasa maupun tidak, nggak ada bedanya. Keduanya sama-sama efektif untuk program penurunan berat badan, asalkan dalam kondisi defisit kalori. Nggak ada yang lebih superior.

artinya puasa efektif untuk menurunkan berat badan !

Berat badanmu DIJAMIN PASTI turun jika….

cara menurunkan berat badan ya.. gitu-gitu aja emang…

tapi tahukah kamu, program penurunan berat badan yang dilakukan sendiri tanpa pendampingan dan motivasi yang kuat hampir dipastikan 90% GAGAL.

motivasi adalah urusan masing-masing orang, tapi pendampingan harus dilakukan oleh ahli gizi yang kompeten di bidang penurunan berat badan.

kamu bisa membaca detailnya step demi step cara menurunkan berat badan dan mendapatkan arahan langsung dari ahli gizi yang telah kami tuliskan dalam ebook Diet Garis Lurus. Silahkan menuju halaman ahligizi.id/dietgarislurus untuk mendapatkan ebooknya.​8​

cara menurunkan berat badan secara cepat
AhliGiziID telah merangkum semua cara menurunkan berat badan secara alami disini, dapatkan ebooknya

Referensi :

  1. 1.
    Astuti I. Kasus Obesitas terus meningkat. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/read/detail/228924-kasus-obesitas-terus-meningkat. Published April 11, 2019.
  2. 2.
    Kementrian Kesehatan RI. Hasil Utama Riskesdas 2018. Kemenkes RI; 2018:1. http://www. depkes.go.id/resources/download/info-terkini/materi_rakorpop_2018/Hasil%.
  3. 3.
    Bahreynian M, Qorbani M, Khaniabadi B, et al. Association between Obesity and Parental Weight Status in Children and Adolescents. J Clin Res Pediatr Endocrinol. 2017;9(2):111-117. doi:10.4274/jcrpe.3790
  4. 4.
    Hills A, Andersen L, Byrne N. Physical activity and obesity in children. Br J Sports Med. 2011;45(11):866-870. doi:10.1136/bjsports-2011-090199
  5. 5.
    Swari RC. Obesitas (Kegemukan). Hello Sehat. https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/obesitas-kegemukan/#h-penyebab. Published 2016.
  6. 6.
    Reutrakul S, Van Cauter E. Sleep influences on obesity, insulin resistance, and risk of type 2 diabetes. Metabolism. July 2018:56-66. doi:10.1016/j.metabol.2018.02.010
  7. 7.
    Ellulu MS, Patimah I, Khaza’ai H, Rahmat A, Abed Y. Obesity and inflammation: the linking mechanism and the complications. aoms. 2017:851-863. doi:10.5114/aoms.2016.58928
  8. 8.
    AhliGiziID. 7 Cara menurunkan berat badan secara alami BERGARANSI. Diet Garis Lurus. https://ahligizi.id/dietgarislurus.

AhliGiziID

platform konsultasi gizi online oleh ahli gizi terpercaya

3 thoughts on “Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami – Rahasia para Ahli Gizi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: