Daftar Direktori Jurnal Kesehatan

Oleh : Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet)

Berikut adalah daftar direktori jurnal kesehatan untuk memudahkan dalam mencari artikel penelitian berbasis kesehatan dan gizi.

1.Science Direct

ScienceDirect adalah situs web yang menyediakan akses berbasis langganan ke database besar penelitian ilmiah dan medis,menampung lebih dari 12 juta konten dari 3.500 jurnal akademik dan 34.000 e-book

Science direct

2. PubMed

PubMed adalah mesin pencari gratis yang terutama mengakses database referensi dan abstrak MEDLINE tentang ilmu pengetahuan alam dan topik biomedis.

PubMed

3. Google Scholar

Google Scholar adalah mesin telusur web yang dapat diakses secara bebas yang mengindeks teks lengkap atau metadata literatur ilmiah di berbagai format dan disiplin ilmu penerbitan. Indeks Google Cendekia mencakup sebagian besar jurnal dan buku akademik, makalah konferensi, tesis dan disertasi, abstrak, laporan teknis, dan literatur ilmiah lainnya, termasuk paten.

Google scholar

4. Microsoft Academic

Microsoft Academic adalah mesin pencari web publik gratis untuk publikasi akademis dan literatur, yang dikembangkan oleh Microsoft Research. Saat ini ia mengindeks lebih dari 220 juta publikasi, 88 juta di antaranya adalah artikel jurnal.

Microsoft academic

5. Directory of Open Access Journal (DOAJ)

DOAJ adalah situs web yang menampung daftar jurnal akses terbuka.

Directory of open access journal (doaj)

6. Proquest

Proquest menyediaakan penelitian dan pembelajaran, penerbitan dan diseminasi, serta akuisisi, pengelolaan, dan penemuan koleksi perpustakaan.

Proquest

7. Clinical Key

Clinical key merupakan mesin pencari dan alat database yang dimiliki oleh perusahaan penerbitan medis dan ilmiah Elsevier yang menawarkan akses ke perpustakaan medis yang diterbitkan oleh perusahaan tersebut.

Clinical key

8. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI)

Perpustakaan nasional republik indonesia (pnri)

Daftar direktori jurnal kesehatan lainnya yaitu Perpustakaan Republik Indonesia melanggan berbagai bahan perpustakaan digital online (e-Resources) seperti jurnal , ebook, dan karya-karya referensi online lainnya. Untuk dapat mengakses anda harus terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota. berikut daftar direktori dan jurnal yang dilanggan :

Perpustakaan nasional republik indonesia (pnri)

9. Portal Garuda

Garba Rujukan Digital (GARUDA) adalah platform untuk penemuan publikasi ilmiah di Indonesia yang dikelola oleh Kementerian Riset Teknologi Indonesia.

Portal garuda

10. Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

Pangkalan data jurnal ilmiah Indonesia (ISJD), situs ini berisi kumpulan jurnal ilmiah yang terbit di Indonesia dan diserahkan ke PDII-LIPI untuk didiseminasikan. 

Indonesian scientific journal database (isjd)

11. Onesearch

Satu pintu pencarian untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip, dan sumber elektronik di Indonesia.

Onesearch

Ayu Rahadiyanti

Executive Editor Ahli Gizi ID | Lecturer | Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *