Berbagai Makanan Berbahan Dasar Si Kecil, Ikan Teri (Stolephorus spp.)

Penulis : Dian Yuni Pratiwi(Dosen Departemen Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Padjadjaran)

Ikan teri adalah organisme yang berukuran kecil yang termasuk ke dalam famili Engraulidae. Habitat dari ikan teri ini adalah air laut atau air payau. Ada berbagai jenis ikan teri yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia yaitu teri medan, teri nasi, teri jengki dan lain sebagainya. Ukuran berbagai jenis ikan teri ini bervariasi. Ada yang berukuran 5 cm, 7 cm, 11 cm, bahkan ada yang mencapai ukuran maksimal 15 cm. Ikan teri dapat diolah menjadi berbagai makanan.

Sumber : https://pixabay.com/photos/anchovy-market-basket-fish-1831789/

Walau ikan teri ini berukuran kecil, tetapi ikan ini mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh manusia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Swastawati dkk (2020), setiap 100 gram ikan teri (Stolephorus commersonii) mengandung 10,3 g protein, 1,4 g lemak, 4,1 g karbohidrat, berbagai asam amino, asam lemak, vitamin dan mineral. Energi yang terkandung dalam 100 g ikan teri tersebut yaitu 74 kkal. Asam amino yang terkandung dalam ikan teri tersebut yaitu histidin, treonin, prolin, tirosin, leusin, asam aspartat, lisin, glisin, arginin, alanin, valin, isoleusin, serin, asam glutamat, dan fenilalanin. Mineral yang terkandung yaitu fosfor, sulfur, klor, kalsium, kalium, zink, besi, silikon. Ikan teri juga merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih dan mudah untuk diolah menjadi berbagai aneka masakan. Untuk Anda yang gemar memakan ikan teri, berikut beberapa makanan berbahan dasar ikan teri yang bisa Anda olah di rumah!

Lebih Lanjut : Manfaat Branched Chain Amino Acid

Tumis Teri Asam Sunti (Kareng teuphep)

Bagi yang suka masakan dengan cita rasa asam dan pedas, Anda bisa mengolah ikan teri dengan asam sunti khas Aceh yang biasa disebut Kareng teuphep. Rasanya nikmat dan menggugah selera walau hanya dimakan bersama nasi tanpa tambahan sayur. Cara memasakknya juga cukup mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain 1 ons ikan teri ukuran sedang/besar, kentang (sesuai selera), 4 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, satu ruas jahe, 10 biji asam sunti, kunyit bubuk dan ketumbar secukupnya, 1 buah cabai merah, cabai rawit sesuai selera, 4 buah cabai hijau, daun temurui. Cara mengolahnya, pertama-tama kepala ikan teri dibuang dan dicuci bersih. Kemudian bawang merah, bawang putih, jahe, asam sunti, kunyit bubuk, ketumbar, cabai merah dan cabai rawit diblender sampai halus. Setelah itu, tumis irisan bawang merah, dan daun temurui. Setelah baunya harum masukan bumbu halus dan biarkan sebentar, lalu masukkan ikan teri dan kentang, tambahkan garam, air, dan cabai hijau. Aduk-aduk sampai airnya berkurang. Masakan Kareng teuphep siap disantap.

Opak Ikan Teri

Bagi yang suka mengonsumsi camilan, kita juga bisa membuat camilan opak dari ikan teri. Tentunya akan menambah nilai gizi, terutama protein jika dibandingkan dari opak yang hanya berbahan dasar singkong. Cara membuatnya juga hampir sama dengan cara membuat opak singkong. Bahan-bahan yang digunakan yaitu singkong, ikan teri, bawang putih, daun seledri, garam, merica. Pertama-tama, cuci bahan-bahan sampai bersih. Singkong kemudian di parut. Rendam ikan teri selama 5 menit dan setelah itu dihaluskan. Kemudian singkong dan ikan teri dicampur dengan garam, seledri, bawang putih, dan merica secukupnya. Perbandingan ikan teri yang dimasukkan ke dalam adonan adalah 5% dari berat singkong yang dipakai. Rebus air dalam wajan, kemudian masukkan adonan, dan aduk-aduk sampai air berkurang. Angkat dan kemudian letakkan adonan dalam daun pisang dan dicetak sesuai bentuk yang diingginkan. Setelah dicetak, adonan kemudian dijemur hingga kering, kurang lebih sekitar 7-8 jam. Setelah itu, opak siap digoreng.

Nugget Ikan Teri

Buat Ibu-ibu yang balitanya susah makan, nugget ikan teri mungkin dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menggugah selera balita. Cara membuat nugget ikan teri, hampir sama dengan membuat nugget ayam. Hanya bahan dasarnya saja yang berbeda. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain 500 g ikan teri, kaldu ayam, 2 butir telur, 100 ml susu, bawang putih, garam, merica, 50 g tepung maizen, tepung panir secukupnya, gula pasir, bawang goreng, keju parut (jika suka).

Cara membuatnya yaitu rebus dan haluskan ikan teri. Campurkan ikan teri yang sudah halus dengan semua bumbu kecuali tepung panir. Masukkan adonan ke dalam wadah dan kukus sampai matang. Setelah matang dan didinginkan, bentuk adonan sesuai keinginan. Adonan juga bisa dicetak menggunakan cetakan berbagai bentuk untuk semakin menarik balita. Adonan yang telah dibentuk, masukkan ke dalam telur, dan balur dengan tepung roti. Nugget siap untuk digoreng.

Nah, itulah beberapa makanan berbahan dasar ikan teri yang bisa kita coba. Selamat menikmati!

Baca : Jenis Rumput Laut yang Dapat Dikonsumsi

Referensi

  1. Isnanto, T.B. Pembuatan Opak dengan Penambahan Ikan Teri (Stelophorus spp.) Kaya Protein. Program Studi Diploma III. Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. 2012
  2. Swastawati, F., Riyadi, P.H., Sulistyaningrum, H., Resky, S., Suharto, S. Comparison of Macro Nutritional Value, Dissolved Protein, Amino Acids and Minerals of Fresh and Crispy: Product of Anchovy (Stolephorus commersonnii). Systematic Reviews in Pharmacy. 2020: 11 (9)
  3. Darmadi, N. M., Pandit, I. G. S., & Sugiana, I. G. N. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Nugget Ikan (Fish Nugget). Community Service Journal (CSJ). 2019; 2(1), 18-22
  4. https://resep-nancyannflowers.web.app/1376-bagaimana-menyiapkan-kareng-teuphep-teri-tumis-asam-sunti-anti-gagal/
  5. https://www.marinespecies.org
  6. https://www.fishbase.de

Editor : Ayu Rahadiyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published.