(PDF) Panduan Pelayanan Gizi dan Dietetik di Rumah Sakit Darurat dalam Penanganan Pandemik Covid-19

Panduan Pelayanan Gizi dan Dietetik di Rumah Sakit Darurat disusun sebagai acuan dalam menyelenggarakan pelayanan Asuhan Gizi serta Asuhan Makanan dan Diet guna mewujudkanpelayanan gizi dan dietetik yang optimal Pasien Dalam Pengawasan (PDP) serta Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di RS Darurat.

Panduan pelayanan gizi dan dietetik di Rumah sakit darurat dalam penanganan pandemik covid-19

Melalui pelayanan yang optimal diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasien terhadap pelayanan yang bermutu serta memenuhi aspek keselamatan pasien dan petugas. Penyusunan Panduan ini menggunakan pendekatan secara komprehensif meliputi aspek promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatifagar menghasilkan pelayanan gizi dan dietetik yang optimal walaupun dalam kondisi darurat.

Tahapan kegiatan dalam proses pelayanan gizi dan dietetik sebagai berikut :

  1. Skrining/penapisan pasien atas kebutuhan asuhan gizi. Pasien yang tidak berisiko gizi, tidak dilakukan proses asuhan gizi diorderkan diet normal. Dilakukan pemantauan atau penapisan ulang 7 hari kemudian. Bila kondisi baik / tercapai dan diijinkan pulang
    maka pelayanan akan dihentikan.
  2. Proses Asuhan Gizi Terstandar yang diberikan pada pasien PDP yang berisiko malnutrisi. Pada tahap ini nutrisionis dan dietisien (sesuai kompetensi dan kewenangannya) akan melakukan pengkajian gizi, menetapkan diagnosis gizi, memberikan intervensi gizi
    sesuai protokol terapi diet ( MNT pasien PDP) dan monitoring evaluasi gizi guna memutuskan kelanjutan asuhan. Bila kondisi baik / tercapai tujuan dan diijinkan pulang maka pelayanan asuhan gizi akan dihentikan.
  3. Proses Asuhan Penyelenggaraan Makanan merupakan rangkaian kegiatan penyediaan makanan pasien sesuai dengan order diet / [reskripsi diet hasil kolaborasi nutrisionis/dietisien dengan DPJP/. Proses ini terdiri dari aspek manajemen seperti penyusunan standar pelayanan pemberian makanan (PPM), perencanaan menu, pengadaan makanan sampai dengan penerimaan makanan. Aspek Operasional teknis meliputi persiapan, pengolahan dan distribusi makanan.

Lebih lanjut terkait Pedoman Gizi dan Dietetik di RS Darurat ada pada link :

atau copy paste link di bawah ini

https://www.dropbox.com/s/ib5ntzzumyv3rs3/%23final%20Pedoman%20Gizi%20RS%20Darurat%20Covid19.pdf?dl=0

AhliGiziID

informasi gizi berbasis fakta ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: