Generic placeholder image
[Lanjut Usia]

anonim

  

Hallo. Dok saya mau tanyakan perihal sakitnya nenek saya. Dokter syaraf yg menangani nenek saya setelah beberapa tahun terakhir mengatakan bahwa terkena rematik derajat 4 yg paling parah. Nenek ada penyakit jantung untuk hal hal dan makanan yg harus dihindari nenek saya apa saja ya dok?

  10:14 12/10/2019

  0 Suka


NURVITA S. GUSTI ahligizi

 
Trmksih pertanyaannya sobat gizi:
Untuk hal-hal & mknn yg harus dihindari yaitu sbb:
1. Faktor resiko yang dapat di rubah yaitu kebiasaan makan lemak jenuh dan kolesterol.
2. Penatalaksaaan dietnya: Jika obesitas / kegemukan dilakukan penurunan BB dan pembatasan kandungan kalori dalam diet. Hindari penggunaan lemak jenuh misalnya jeroan, minyak goreng, santan, kuning telur. Batasi penggunaan garam hingga 2 – 3 gr per hari dan makanan sumber natrium. Makan dengan porsi kecil tapi sering ( 3x makan utama dan 2x makan selingan )
3. Tujuan diet: Mengurangi  beban kerja jantung, menormalkan berat badan, memenuhi kebutuhan gizi pasein, mencegah dan mengrang cairan tubuh dan mengrangi resiko penymbatan pembuluh darah.
3. Syarat diet: Energi cukup untuk mempertahankan BB normal. Protein 0,8 gr / Kg BB  Ideal / hari. Lemak 25-30 % dari kebuituhan Energi 7 % lemak jenuh  dan 10-15 % lemak tidak jenuh. Kolesterol  rendah, terutama jika disertai dengan dislipedemia. Vitamin dan mineral cukup. Hindari penggunaan suplemen Kalium, kalsium dan magnesium jika tidak dibutuhkan. Garam Rendah 3-5 gr / hari ,jika  disertai Hipertensi. Makanan mudah dicerna dan tidak menimbulkan gas. Serat cukup untuk menghindari Konstipasi.

4. Makanan yang dihindari:
Daging yang berlemak , jeroan, sosis , daging asap, gajih, otak, kepiting, kerang, keju, susu full cremKacang merah, oncom, kacang meteSayuran yang dapat menimbulkan gas  seperti : Kol, Kembang kol, Lobak, Sawi, Nangka mudaBuah yang dapat menimbulkan gas  seperti : durian, nangka, cempedak, nenas.Kopi, teh kental, minuman mengandung soda dan beralkoholBumbu tajam ( pedas, asin , asam )Bumbu olahan  yang mengandung Natrium.

Cara memasak yang baik: Bila memasak daging, pilihlah daging yang kurus. Keluarkan bagian – bagian yang berlemak. Memasak dengan cara merebus, mengukus, mengungkep, menumis, memanggang atau membakar. Hindarkan menggoreng sebanyak mungkin. Sebagian dari sayur sebaiknya dimakan mentah atau sebagai lalapan.
#trmksih

  08:06 06/07/2020

Konsultasikan Masalah Gizimu !







Kelebihan Berat Badan ?