Generic placeholder image
[Anak Sekolah & Remaja]

Caroline Ferisca

  

Hallo. Saya ingin bertanya. Sejak 1 SMP wajah saya berjerawat dan berminyak hingga sekarang saya berusia 18 tahun dan belum sembuh. Masih sering muncul jerawat meradang di pipi dan dahi dan banyak bekas yang berwarna kehitaman. Saya kurang suka mengonsumsi buah dan sayur. Bagaimana tips untuk membantu menyembuhkan jerawat saya dan memulai untuk suka buah dan sayur? Dan makanan apa saja yang perlu dikonsumsi dan apa yang perlu dihindari?

  23:16 22/11/2020

  0 Suka


Tyas Asri Anindyaningrum ahligizi

 
Halo kak Caroline, terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Jerawat ada banyak faktor ya kak, yaitu karena hormonal, produksi minyak berlebih sehingga bakteri tumbuh subur, sumbatan pori2 yg menjadi komedo dan kebersihan kulit kurang sehingga menjadi jerawat. Solusinya terapi dari luar dan dalam, dari luar bisa dengan dokter estetika. dan dari dalamnya bisa mengatur makan. Kalau terapi hanya salah satu pengobatan jerawat tidak maksimal. Pastikan untuk makan dengan gizi seimbang dan beraneka ragam, 3x makan utama, 2x snack, setiap makan utama ada karbo, lauk hewani, nabati, sayur dan buah. Contohnya : Nasi, sop ayam 1 mangkok, isian. brokoli, wortel daging ayam, rolade tahu telur, dan buah pepaya 1 potong. Kemudian snack pagi bisa susu 1gelas sehari, dengan kandungan high calsium > 500 mg per serving, snack sore dan malam diganti buah2an atau kacang2an, yang tidak diolah dengan cara digoreng, misal edamame kukus, kacang tanah rebus porsi 2-3 genggam. Anjuran buah 3-5 porsi sehari, tiap buah porsinya berbeda2, bisa divariasikan ya. Buah sayur kaya vitamin dan mineral dapat memperbaiki sel dan hormon, kacang2an dan alpukat mengandung vitamin E bagus untuk kesehatan kulit. Gaya hidup 1. Berjemur jam 9 an selama 10-15 menit, dibagian permukaan yang luas misal punggung, kaki, tangan untuk mendapatkan vitamin D yang optimal. 2. Hindari stress 3. Tidak begadang, istirahat selama 7 jam, manajemen waktu dengan baik 4. Air putih 6-8 gelas, terganting status hidrasi, pastikan pipis tidak kuning pekat 5. Olahraga apa saja atau tidak jadi kaum rebahan, membantu orangtua, mencuci baju dll 6. Menjaga kebersihan muka, handuk lab muka bedakan dengan handuk badan, setelah pergi bersihkan muka, oil control dengan perawatan muka dr klinik perawatan wajah resmi ya, bukan dari online shop dll yg tidak ber BPOM. Hindari : 1. Makanan tinggi minyak gorengan, martabak, nasgor, mie instan 2. makanan tinggi gula : cake, boba, minuman manis kekinian, makanan manis kekinian, martabak manis, Coba terapi makanan tsb selama 3-6 bulan ya, konsultasikan kembali 1 bln kemudian bagaimana progressnya di kolom chat ini. Untuk terapi kulit dengan dokter sesuaikan dengan advice dokter. Semoga membantu.
  23:34 22/11/2020

Caroline Ferisca

 
Terima kasih atas jawabannya. Saya ingin bertanya, setelah saya baca baca dan cari referensi di youtube disampaikan bahwa untuk mengurangi jerawat dapat melakukan diet gula. Apakah itu tepat? Dan apakah telur, susu, kacang dan produk diary itu juga harus dihindari?
  01:01 23/11/2020

Tyas Asri Anindyaningrum ahligizi

 
Kita lakukan perubahan diet secara bertahap, Pertama diubah dulu pola hidupnya, tinggi minyak dan gula dahulu, sesuai yg saya jelaskan didukung dengan terapi dari luar dengan dokter, kemudian 1 bulan evaluasi, makanan susu ini masih pro kontra. Tergantung jumlah yang dikonsumsi. Susu bisa memicu tapi yang paling berpengaruh adalah makanan tinggi gula dan lemak yang menyebabkan ketidakstabilan hormon. Penelitian menunjukkan bahwa minum susu dengan frekuensi 2-6x per minggu tidak mempengaruhi jerawat, Susu digunakan untuk memenuhi kalsium harian, maka dari itu pilih yang high calsium 2-3x seminggu saja. Yang saya anjurkan hanya susu bukan olahan susu seperti yogurt, keju, dll. BIla tidak mencukupi untuk memperoleh kalsium harian, bisa menambahkan suplemen, hanya suplemen ini dengan pengawasan dokter. Bila memang ada alergi susu atau tiap minum susu dan jerawat makin meradang, bisa di stop, setelah menjalankan yang dianjurkan. Kalau saya lihat dari yang kakak jelaskan, kurang suka "buah dan sayur" dimana itu adalah sumber antioksidan. Kacang-kacangan baik untuk kulit bila sesuai porsi anjuran ya. 2-3 genggam kacang rebus dengan kulit, ini 1 porsi. yang jadi masalah adalah cara pengolahan. Kalau di goreng tidak dianjurkan. Saya sertakan referensi bahwa susu blm kuat buktinya mempengaruhi jerawat, https://www.medicalnewstoday.com/articles/dairy-and-acne#can-avoiding-dairy-improve-acne Tidak melulu bahan makanannya yang salah, tapi banyak faktor yang mempengaruhi ya, tidak bisa menghindari suatu makanan dan kondisi menjadi baik, butuh proses dan saling berkaitan. Sudahkan dievaluasi semua?
  07:51 23/11/2020

Caroline Ferisca

 
Terima kasih atas jawabannya. Baiklah saya akan coba terlebih dahulu selama 1 bulan.
  09:28 23/11/2020

  Belum ada komentar

Konsultasikan Masalah Gizimu !







Kelebihan Berat Badan ?