Generic placeholder image
[Masalah Berat Badan]

drns drns

  

Saya kurang lebih 3 bulan lagi menikah. Saya mau turun bb ke 65 berat saya saat ini 90. Gimana yah untuk pola makan dan olahraganya harus seperti apa

  22:53 15/09/2020

  0 Suka


Nadya Elfita, S.Gz ahligizi

 
selamat siang, terimakasih sudah menggunakan platform ini untuk berkonsultasi. pada prinsipnya untuk menurunkan berat badan 0.5-1 kg/minggu dapat dilakukan dengan mengurangi asupan kalori 500-1000kkal/hari. Normalnya penurunan berat badan yang dialami oleh seseorang yg sedang melakukan kalori defisit adalah 2-4 kg/bulan. pengaturan pola makan menjadi tahap krusial dalam program penurunan bb. apabila saya bantu estimasi, kebutuhan kalori Anda berada pada rentang 2000 - 3000 kkal/hari untuk aktivitas ringan. 2000 kkal adalah kalori minimal dalam keadaan istirahat (BMR) yang perlu dipenuhi agar metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik termasuk sistem pencernaan. 3000 kkal adalah nilai kalori maksimal yang dapat diasup untuk mempertahankan berat badan. usahakan untuk tidak mengasup kalori dalam sehari lebih rendah dari nilai BMR agar metabolisme tubuh tetap dapat berjalan dengan optimal. karena untuk membakar kalori pun butuh kalori. mulailah untuk sadar dengan kalori yang diasup setiap harinya. kini telah banyak pula aplikasi yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah kalori pada makanan. biasakan untuk membaca nutrition facts pada produk yang ingin dibeli/dikonsumsi. usahakan konsumsi lebih banyak sumber serat seperti sayuran, buah, dan agar2. selain rendah kalori,makanan sumber serat dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. alangkah lebih baik jika Anda dapat memilih sumber karbohidrat kompleks (kentang, oat) dibanding sederhana (tepung2an, mie, gula). Evaluasi kebiasaan anda yang sekiranya berkontribusi besar pada kenaikan BB anda (cth: mengonsumsi minuman manis, mengonsumsi gorengan). alangkah lebih baik jika Anda dapat mengurangi kebiasaan tersebut secara perlahan. usahakan pula untuk tidak mengonsumsi makanan/camilan sembari melakukan hal lain seperti menonton tv/bermain hp untuk mencegah overeating. jadilah seaktif mungkin. tidak harus berolahraga terlalu keras, yang penting aktif. misalnya dengan jalan santai selama 45 menit per hari. lakukan olahraga yang dapat membuat anda selalu senang melakukannya sehingga anda dapat rutin melakukannya. hasil akhir akan sangat2 bergantung pada niat dan komitmen anda. semoga membantu dan goodluck :)
  11:52 16/09/2020

Konsultasikan Masalah Gizimu !







Kelebihan Berat Badan ?