Generic placeholder image
[Lainnya......]

Warta Al Irsyad Jember

  

makanan yg tepat utk pasien kanker dok, semua buah dan sayur apakah boleh dimakan?

  09:49 31/07/2020

  1 Suka


NURVITA S. GUSTI ahligizi

 
Baik trmksih u/ pertanyaannya:
Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber nutrisi yang berperan sebagai bahan bakar pembentuk energi selama menjalani pengobatan kanker. Tidak semua jenis karbohidrat direkomendasikan untuk penderita kanker.
Setidaknya ada tiga jenis makanan yang mengandung karbohidrat: 
Roti putih dan beras putih, mengandung karbohidrat sederhana.Kacang-kacangan, gandum, serta sayur-sayuran, mengandung karbohidrat kompleks. Madu, minuman manis, dan permen, mengandung gula (juga termasuk karbohidrat).
Setelah dicerna dalam usus, apapun jenis karbohidrat akan terpecah menjadi gula. 
Masuknya gula dalam darah akan mempengaruhi peningkatan gula darah, yang memicu reaksi tubuh dengan produksi insulin. Insulin berperan sebagai kadar pengatur gula darah. Namun jika kadar insulin terlalu tinggi, justru dapat memicu kanker.
Oleh karena itu, penderita kanker disarankan mengonsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga kadar gula darah masih dapat terkontrol dengan baik dan kadar insulin tidak terlalu tinggi. 
Berikut adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks:
Oat,Barley,Sereal,Quinoa,Jagung,Gandum.Beras merah, & Kacang-kacangan.
Selain makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, penderita kanker juga dianjurkan mengonsumsi madu dalam jumlah sedang. Madu memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang berguna untuk mencegah infeksi.

Berikut buah dan sayuran yang dianjurkan bagi penderita kanker:
Sayuran Asparagus, kaya akan antioksidan.Sayuran hijau kaya zat besi dan kalsium.Labu pahit, dapat menurunkan kadar gula darah.Tomat, wortel, labu, lobak, kacang polong, kaya vitamin dan serat.Sayuran sejenis brokoli, kubis, kembang kol, dapat mengubah estrogen buruk menjadi baik yang mengurangi risiko kanker. Buah-buahanJeruk, kaya akan vitamin C.Jambu biji, alpukat, kismis, plum, dapat menjadi sumber energi.Mangga, stroberi, pisang, kiwi, pir, persik, kaya akan vitamin dan serat.Air mineral.
Air merupakan komponen yang penting bagi tubuh. Tanpa cairan yang cukup, nutrisi tidak tersalurkan ke bagian tubuh yang membutuhkan dengan baik, suhu tubuh tidak terkontrol, serta kotoran tidak dapat keluar dengan lancar. Pasien kanker lebih rentan terkena dehidrasi terutama jika disertai dengan muntah dan diare.
Sebaiknya, air yang dikonsumsi merupakan air putih, bukan air teh, kopi, dan air berwarna lainnya.
#Trmksih
#Semoga Bermanfaat



  11:24 31/07/2020

Konsultasikan Masalah Gizimu !







Kelebihan Berat Badan ?