Generic placeholder image
[Bayi & Balita]

rezki fitriani hamsah

  

Selamat malam, maaf sebelumnya jika menganggu. Saya ingin bertanya, berapa kebutuhan gizi untuk balita umur 6 bln (baru mau MPASI)? Kemudian apakah ada tips dan trik agar vitamin dan mineral lainnya yg dibutuhkan bisa terpenuhi?

  22:55 30/06/2020

  0 Suka


Maria Valentin Erni Bere, S.Gz ahligizi

 
kebutuhan gizi tergantung berat badan dan tinggi badan bayi. karena kebutuhan gizi seseorg berbeda2. dan hitung sesuai dgn rumus kebutuhan bayi tersebut. biasanya menggunakan rumus BBI.
  23:03 30/06/2020

rezki fitriani hamsah

 
Baik terimakasih atas informasinya.
  23:09 30/06/2020

Yunita Budiarti, S.Gz ahligizi

 
Selamat malam, terima kasih atas pertanyaannya. Disini sy hanya ingin menambahkan sedikit tentang MP-ASI yang tepat sesuai dengan anjuran WHO. Sy kutip dr buku WHO (Infant and young child feeding) bahwa untuk umur 6-8 bulan kebutuhan kalori nya sekitar 200 kcal per hari dg tekstur makanan lumat dan kental. Untuk memenuhi kebutuhan kalori nya per hari gunakanlah menu lengkap yg mengandung zat gizi makro (karbohidrat, protein, dan lemak), dan zat gizi mikro (vitamin, mineral) dalam 1 menu makanan. Frekuensi 2x-3x makan, dan 1x-2x selingan (snack). Dan jumlah nya bisa dimulai dengan memberikan sebanyak 2-3 sendok makan kemudian bisa dinaikkan secara bertahap hingga 125ml. Jangan lupa untuk selalu memvariasikan menu setiap hari agar anak tidak mudah bosan. Utamakan utk memberikan protein hewani krn bnyk zat besi yg terkandung didalamnya dibanding dg protein nabati utk pertumbuhan perkembangan anak, pencernaan si anak blm sempurna dan msh susah utk mencerna protein sehingga lebih dianjurkan utk mengutamakan memberikan protein hewani dibanding dg protein nabati. Selalu tambahkan lemak didalam mp-asi, lemak bs berasal dr Unsalted butter, Santan, atau bs jg dg Minyak goreng yg biasa kita gunakan utk memasak. Note : jika menggunakan minyak goreng utk MP-ASI sangat dianjurkan untuk menggunakan minyak goreng yang baru (dipakai hanya 1x setelah itu diganti dg yg baru lg) karena minyak yg sudah lebih dr 1x pemakaian dapat menimbulkan batuk2 dsb pd anak krn sdh dipanaskan berulang kali sehingga lemak baik sudah berubah menjadi lemak jenuh. Semoga bermanfaat, terima kasih
  23:55 30/06/2020

rezki fitriani hamsah

 
Sekali lagi terimakasih atas informasinya. Sangat jelas dan sangat membantu
  00:13 01/07/2020

Konsultasikan Masalah Gizimu !







Kelebihan Berat Badan ?