TIPS AGAR ANAK MAU MAKAN BUAH DAN SAYUR

Apakah anda kadang-kadang berjuang agar anak mau makan buah dan makan sayur? Mari kita simak tipsnya =)

Sayur dan Buah?

Sepertinya anda tidak sendirian banyak orang tua yang mengalami keluhan yang sama. Anak-anak Ketika sudah bertambah besar anak bisa memilih makannya sendiri, dan anak-anak cenderung takut akan mencoba sayuran yang biasanya mereka bilang pahit atau tidak memiliki rasa.

Pada masa pertumbuhan anak orang tua dituntut memperhatikan asupan gizi yang diterima oleh si kecil. Sebagai orang tua kita harus bisa memilih asupan gizi apa yang sesuai dan apa yang mereka butuhkan. Kebutuhan vitamin anak dapat diperoleh dari buah-buahan. Kandungan yang ada di dalam buah pun bervariasi tergantung jenis buah tersebut. Sayuran mengandung  serat,  vitamin  dan  mineral. Serat  dapat  membantu  anak-anak  merasa kenyang dan membantu memperlancar pencernaan. Vitamin dan mineral  diperlukan  untuk  membantu  anak-anak  tumbuh  dan  berkembang.

Supaya anak terbiasa untuk mengkonsumsi buah dan sayur kita sebagai orang tua harus mengajarkan mengonsumsi buah dan sayur untuk memenuhi asupan gizinya, tapi bagaimana jika anak  tidak mau makan buah dan sayur?

Baca Artikel : Membiasakan Konsumsi Sayur Buah pada Anak Pra Sekolah

Tips konsumsi  buah dan sayur

Berikut tips agar anak mau makan sayur dan buah :​1–3​

Buat anak terlibat dalam membuat makanan tersebut

Anak-anak akan    lebih  mungkin  untuk  mencoba memakan sesuatu yang telah  mereka  pilih  atau  bantu  buat.  Hal ini tidak harus hal-hal yang meberatkan untuk anak, tapi mintalah tolong untuk membantu anda pada hal-hal kecil seperti mencuci sayuran, mengupas atau memotong buah dan sayur. Tentunya tetap dalam pengawasan ya Moms!

Buat buah dan sayur terlihat menarik di mata mereka

Untuk menarik perhatian anak potong buah dan sayur dengan bentuk yang unik. Ubah presepsi anak kalau buah dan sayur tidak semengerikan yang mereka bayangkan selama ini.  

Jadilah licik

Maksud licik disini adalah tambahkan beberapa buah atau sayuran di makanan yang anak Anda sukai. Anda juga dapat sisipikan buah dan sayur kedalam bekal sekolahnya. Varisi dapat disesuaikan dengan kesukaan anak. Seperti spageti ditambahkan parutan wortel atau tambahkan jamur kedalam pizza favorit anak Anda.

Kenalkan buah yang manis terlebih dahulu

Rasa dapat berpengaruh ke anak. Rasa asam atau sepat anak-anak cenderung tidak menyukainya. Buah dengan rasa yang manis umumnya lebih disuaki anak-anak. Pastikan kita sebagai orang tua mengenalkan buah-buahan dengan rasa yang segar dan manis terlebih dahulu seperti semangka, melon, pisang, atau pepaya.

Lebih lanjut : Persepsi dan Preferensi Rasa

Modifikasi ke dalam bentuk lain

Bentuk yang berbeda cenderung membuat anak penasaran dan akan mencobanya. Cara kreatif bisa menambah kegemaran anak dalam mengkonsumsi buah dan sayur. Misalnya membuat mie dari sayuran, membuat, sayuran menjadi pudding, atau membuat jus dari buah. Anak-anak cenderung tertarik dengan bentuk dan kita membuat dengan rasa yang disukai mereka ya Moms.

Menyajikan sayuran dan buah sesering mungkin

Penelitian telah menunjukkan  bahwa jika Anda menyajikan lebih banyak sayuran untuk anak-anak Anda, mereka lebih  mungkin untuk makan lebih banyak sayuran. Menyelipkan  sayuran  ke dalam makan siang mereka,  sajikan   untuk  makan malam,  atau simpan wadah sayuran  segar  di  tangan,  di lemari es  atau  makanan ringan. Anak-anak menyukai makanan yang akrab sehingga mereka mungkin perlu mencoba sayuran berulang kali.

Berilah contoh yang baik

Perilaku anak sehari-hari biasanya mencontoh perilaku orang tua mereka. Oleh karena itu, anak tidak mau makan buah dan sayur mungkin karena anda tidak memberikan contoh untuk makan buah dan sayur sehingga anak malas untuk mencoba mengkonsumsi buah dan sayur. Sebagai orang tua kita harus mencontoh hal-hal baik supaya anak dapat menirukan hal tersebut ya Moms!

Elemen penting Bau, Tekstur, dan Warna

  • Anak-anak tidak ingin mencoba  makanan  baru  jika bau,  rasa,  atau  warna    tidak  menarik bagi mereka.
  • Cobalah memberi makan berbagai  tekstur buah  dan  sayuran  untuk anak Anda.   Beberapa  anak lebih suka makanan halus, di mana seperti yang lain seperti kental, dan beberapa anak menyukai makanan renyah, tetapi yang lain  suka  lembut.
  • Tawarkan buah-buahan dan sayuran baru dalam kombinasi dengan favorit lama untuk menunjukkan kepada anak Anda berbagai bau, tekstur, dan warna. Berbagai sayur ditambahkan ke hidangan pasta gandum atau pizza, dan buah adalah topping yang bagus untuk yogurt rendah lemak atau bebas  lemak.  

Referensi

  1. 1.
    Encourage Kids to Eat More Fruits & Veggies 10 Ways to Help Kids Eat More Fruits & Veggies. Cthr.hawaii.edu. Published 2020. Accessed August 16, 2021. https://www.ctahr.hawaii.edu/new/fvmm/forms/KidsTipSheet.pdf&ved=2ahUKEwjvh4zU57XyAhUX63MBHQccAU0QFnoECDIQAQ&usg=AOvVaw37_NA_VBfGOGCLex4oh98k
  2. 2.
    Jurus Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah. Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Published 2018. Accessed August 16, 2021. https://promkes.kemkes.go.id/?p=8904
  3. 3.

Editor : Ayu Rahadiyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published.