EFEK PEWARNA MAKANAN SINTETIS BAGI ANAK

Tanggal 8 April diperingati sebagai Hari Balita Nasional. Konsumsi makanan berwarna pada anak balita tak lepas dari peran pewarna makanan sintetis. Bagaimana efek pewarna sintetis bagi anak? Mari kita simak pada artikel berikut =)

Pewarna Makanan

Banyak makanan dan minuman yang diminati anak mendapatkan warna cerahnya dari pewarna buatan. Penggunaan pewarna makanan buatan  (Artificial Food Coloring/AFC)  baru-baru ini telah dibatasi di Inggris dan Uni Eropa untuk meningkatkan kesehatan anak-anak. Keputusan ini memberikan studi kasus yang menarik tentang bukti ilmiah dalam penilaian bahan tambahan makanan dan risiko terhadap kesehatan anak-anak dan perumusan kebijakan makanan​1​. Meskipun terus ada ketidakpastian mengenai hubungan antara AFCs dan attention-deficit / hyperactivity disorder (ADHD), keputusan kebijakan telah dibuat yang memiliki implikasi luas. Pengaruh AFC pada perilaku anak telah dipelajari selama lebih dari 35 tahun, dengan mengumpulkan bukti dari beberapa studi. ​2​

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa 20 – 30 miligram pewarna sudah cukup untuk membuat beberapa anak merasa terikat. Beberapa makanan yang diuji mengandung sejumlah pewarna dalam dosis lebih dalam satu porsi. Pewarna sintetis ditemukan di banyak makanan, dan jumlah yang dimakan bisa bertambah dengan cepat. Food and Drug Administration (FDA) menetapkan batas jumlah pewarna buatan yang harus dikonsumsi seseorang sebesar 62 miligram pewarna per hari, dimana dosis ini 5x lipat dari dosis yang ditetapkan pada 60 tahun yang lalu.​3​

Lebih Lanjut : Peningkat Nafsu Makan pada Anak dari Segi Pandang Ahli Gizi

Klasifikasi Warna

Agar lebih mudah diidentifikasi, AFC memiliki nama umum dan nomor resmi yang mungkin berbeda dari satu negara ke negara lain. International Numbering System (INS) adalah standar dunia untuk mengklasifikasikan segala sesuatu yang terkait dengan makanan dan menggunakan angka 100 hingga 199 untuk warna aditif (disetujui untuk digunakan atau tidak) dari Codex Alimentarius (“Book of Food”). Keamanan yang terdapat pada pewarna makanan buatan dan aditif makanan lainnya diatur oleh Joint FAO / WHO Expert Committee on Food Additives ([JECFA].

Uni Eropa (UE) menggunakan INS dan menambahkan awalan “E” (“E” untuk “Eropa”) untuk pewarna makanan alami dan sintetis yang disetujui oleh Otoritas Keamanan Pangan Eropa. Tidak seperti UE, di Amerika Serikat, FDA memisahkan warna yang diproduksi secara sintetis atau AFC, yang keamanannya diuji secara batch (“warna bersertifikat,” N = 9) dari warna yang berasal dari sumber alami di mana pengujian batch individual tidak diperlukan (“pengecualian dari sertifikasi, ”N = 29).

Ada 7 warna makanan bersertifikat (“warna FD&C”; FD&C = Makanan, Obat & Kosmetik) yang disetujui untuk digunakan secara luas di AS: biru cemerlang (Biru No. 1b), indigotine (Biru No. 2), hijau cepat (Hijau Tidak . 3), tartrazine (Kuning No. 5b), kuning matahari terbenam (Kuning No. 6b), eritrosin (Merah No. 3) dan merah allura (Merah No. 40b). Dua AFC lain disetujui untuk penggunaan terbatas khusus: merah jeruk (Jeruk Merah No. 2) (untuk mewarnai kulit jeruk) dan Oranye B (untuk mewarnai wadah sosis / weiner).​2​

Baca : Standar Antropometri Anak [Terbaru]

Efek Pewarna Makanan Buatan

Salah satu kontroversi terkini di bidang AFC berkaitan dengan pengaruhnya AFC terhadap perilaku anak-anak. Meskipun gagasan bahwa alergi makanan atau hipersensitivitas menyebabkan masalah perilaku dan belajar sudah ada sejak tahun 1920-an . Pada tahun 1973, Dr. Benjamin Feingold  mempresentasikan sebuah artikel pada pertemuan tahunan American Medical Association, yang mengatakan bahwa hiperaktif pediatrik dan masalah belajar disebabkan oleh makanan dan bahan tambahan makanan tertentu. Berdasarkan pengamatan klinisnya sendiri, dia percaya bahwa pasiennya sering sensitif terhadap makanan yang mengandung salisilat alami, AFCs, dan rasa, dan dia merancang diet (diet “Kaiser Permanente” atau “KP”) yang bebas dari zat ini. ​2​

Selama lebih dari 30 tahun, para peneliti telah meneliti terkait pengaruh pewarna sintetis dan bahan kimia lain pada perubahan perilaku pada anak-anak. Apakah pewarna makanan menyebabkan ADHD atau apakah keduanya hanya terkait itu adalah hal yang sulit. Diet saja mungkin bukan menjadi  pendorong di balik gejala ADHD seperti kurangnya perhatian, hiperaktif, atau perilaku impulsif. Keputusan FDA dan beberapa studi terbaru  menunjukkan bahwa zat tambahan makanan dapat menyebabkan gejala pada beberapa anak.​4​

Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa anak prasekolah dan sekolah dasar menjadi sedikit lebih hiperaktif ketika mereka mengonsumsi minuman yang mengandung pewarna buatan. Dengan menggunakan kalkulasi kompleks dari “ukuran efek,” para peneliti memperkirakan bahwa zat aditif mungkin menjelaskan sekitar 10% perbedaan perilaku antara anak dengan ADHD dan anak tanpa gangguan. ​4​ Studi lain dengan desain Randomized Control Trial (RCT) menyebutkan bahwa pewarna sintetis atau pengawet natrium benzoat (atau keduanya) dalam makanan menyebabkan peningkatan hiperaktif pada anak usia 3 tahun dan 8/9 tahun pada populasi umum.​5​

Tips Menghindari Pewarna Makanan Sintetis

Berikut beberapa cara untuk menghindari pewarna makanan buatan dengan pada diet dan ADHD antara lain :

1. Hindari pendekatan radikal, Bagi kebanyakan anak dengan ADHD, tidak ada bukti bahwa diet radikal yang menghilangkan hampir semua makanan olahan  banyak yang mengadung  buah dan sayuran  seperti diet Feingold yang bermanfaat. Dan sedikit anak yang mungkin mendapat manfaat dari cara diet yang melarang makanan tertentu.

2. Coba hilangkan beberapa makanan. Jika Anda merasa  khawatir tentang perubahan perilaku pada anak Anda, atau diri Anda sendiri, lakukan eksperimen sedikit. Coba hilangkan beberapa sumber makanan utama dari pewarna dan  aditif buatan dan lihat apakah gejalanya akan baik. Sumber utamanya adalah permen, junk food, sereal berwarna cerah, minuman buah, dan soda. Utamakan pewarna makanan alami dari buah, sayur, dan rempah – rempah.

3. Ikuti diet gizi seimbang. Saran terbaik bagi siapa pun dengan ADHD adalah mengikuti pola makan yang teratur. Utamakan  pada buah,sayur, biji-bijian, lemak tak jenuh yang menyehatkan, dan protein yang rendah lemak. Hindari lemak jenuh dan lemak  yang tidak sehat, biasanya ditemukan dalam makanan cepat saji atau makanan siap saji.

4.Tingkatkan aktivitas fisik. Aktivitas fisik sangat bagus untuk otak dan juga tubuh. Anak-anak (dan orang dewasa) mendapat manfaat ketika mereka punya waktu untuk berpartisipasi dalam olahraga, kesenian, atau hanya bermain  di luar atau di dalam rumah.​4​

Baca Artikel : Membiasakan Konsumsi Sayur Buah pada Anak Pra Sekolah

Referensi

  1. 1.
    Kleinman RE, Brown RT, Cutter GR, DuPaul GJ, Clydesdale FM. A Research Model for Investigating the Effects of Artificial Food Colorings on Children With ADHD. PEDIATRICS. Published online May 16, 2011:e1575-e1584. doi:10.1542/peds.2009-2206
  2. 2.
    arnold LE, lofthouse nicholas, hurt elizabeth. Artificial Food Colors and Attention-Deficit/Hyperactivity Symptoms: Conclusions to Dye for. US NATIONAL LIBRARY OF MEDICINE INSTITUTES OF HEALTH. Published online 2012. doi:https://dx.doi.org/10.1007%2Fs13311-012-0133-x
  3. 3.
    Crane C. DYE-LICIOUS CANDY? Scholastic Math Magazine. 2014;35(4):6-7.
  4. 4.
    MILLER MC. FDA panel finds no link between artificial food colorings and hyperactivity in most children. Harvard Health Publishing . Published 2011. https://www.health.harvard.edu/blog/fda-panel-finds-no-link-between-artificial-food-colorings-and-hyperactivity-in-most-children-201104012184
  5. 5.
    McCann D, Barrett A, Cooper A, et al. Food additives and hyperactive behaviour in 3-year-old and 8/9-year-old children in the community: a randomised, double-blinded, placebo-controlled trial. The Lancet. Published online November 2007:1560-1567. doi:10.1016/s0140-6736(07)61306-3

Editor : Ayu Rahadiyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *