[PDF] Panduan Gizi Seimbang pada Masa Pandemi Covid-19

Pandemi COVID-19 (coronavirus) menyebabkan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Gizi yang baik juga sangat penting sebelum, selama dan setelah infeksi. Infeksi menyebabkan tubuh korban demam, sehingga membutuhkan tambahan energi dan zat gizi. karena itu, menjaga pola makan yang sehat sangat penting selama pandemi COVID-19. Meskipun tidak ada makanan atau suplemen makanan yang dapat mencegah infeksi COVID-19, mempertahankan pola maka gizi seimbang yang sehat sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Untuk menghadapi situasi ini, diperlukan adanya panduan gizi seimbang pada masa pandemi covid 19. panduan ini berisi tentang cara melindungi keluarga dari penularan virus corona, dan cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan gizi seimbang.​1​

Hal – hal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh antara lain :

  • Makan makanan bergizi seimbang

Makanan bergizi sangat penting untuk membangun kekebalan tubuh yang kuat agar terlindung dari infeksi virus serta memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh. Dalam isi piring makan sehari – hari sebaiknya terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah, dan air putih.

  • Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun

amencuci tangan merupakan pilar utama untuk mencegah infeksi masuk melalui tangan karena tangan merupakan sumber penularan kuman secara langsung maupun tak langsung.

  • Rutin berolahraga

Berolahraga dapat meningkatkan kkebalan tubuh dan sistem metabolisme. Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit secara rutin 3-5 x/minggu.

Tingkatkan daya tahan tubuh, lindungi keluarga dari covid 19

  • Cukup tidur/istirahat
  • Olahraga dab terpapar cukup sinar matahari
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)
  • Menjaga jarak fisik dari orang lain

lebih lanjut anda dapat mendownloadnya secara lengkap pada link di bawah ini

https://www.dropbox.com/s/p4ypv3g0c993fnw/panduan%20gizi%20seimbang%20covid%2019.pdf?dl=0

Referensi :

  1. 1.
    Kementrian Kesehatan 2020. Panduan Gizi Seimbang pada Masa Pendemi Covid-19. Kementrian Kesehatan. Published 2020. kemenkes.go.id

AhliGiziID

informasi gizi berbasis fakta ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *