Hari Kesehatan Nasional 2020 : Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat

Tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN). Tahun 2020 ini mengambil tema Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat.

Tujuan Peringatan HKN

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 sebagai momentum untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat dan semangat memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia. Sebagai pengingat publik, harus selalu bersama-sama menjaga kesehatan diri, keluarga dan masyarakat agar terhindar dari COVID-19, sehingga derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud dengan dukungan seluruh komponen bangsa.

Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19

Melalui sub tema Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”. Mengajak masyarakat untuk melakukan
upaya pencegahan dengan pola hidup sehat menjadi sangat penting. Masyarakat harus membiasakan dengan selalu memakai masker utamanya bila keluar rumah, selalu menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan sesering mungkin. Tiga hal ini, menjadi hal yang fundamental untuk dilakukan dalam perilaku sehari-hari, agar terhindar dari paparan COVID-19.

https://pixabay.com/id/illustrations/covid-korona-coronavirus-virus-4948866/
https://pixabay.com/id/illustrations/covid-korona-coronavirus-virus-4948866/

Di samping itu, kita harus tetap menjaga imunitas tubuh, agar tetap baik dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi gizi seimbang,
istirahat yang cukup, tidak merokok, dan mengendalikan penyakit penyerta. Protokol kesehatan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dimana saja dan setiap saat.

BACA LEBIH LANJUT : Terapi Gizi pada Pasien Covid

Pesan Pendukung HKN 2020

  • Jangan Kendor, Jaga Kesehatan Diri, Keluarga dan Lingkungan
  • Sehat dimulai dari saya
  • Jangan Menyerah, Terus Sehatkan Bangsa
  • Bangkit sehatkan bangsa

Rangkaian Kegiatan HKN

Kegiatan HKN mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi, tokoh masyarakat Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, diharapkan semua sektor akan semakin sadar akan pentingnya berkontribusi dalam pembangunan kesehatan.

Upacara Virtual

Peringatan HKN ke-56 tahun 2020 diperingati dengan melakukan upacara secara virtual yang akan melibatkan peserta upacara dari seluruh Indonesia (UPT dan Dinkes Provinsi).

Bersama Mengenang Pahlawan Kesehatan

melalui mengheningkan cipta, doa bersama serta membunyikan klakson/sirine. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang para pahlawan kesehatan yang telah gugur, utamanya yang telah berjuang melawan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Jambore Kesehatan

dilakukan secara virtual yang diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan. Bentuk kegiatan ini dibuat lebih sederhana berupa seminar yang dilaksanakan selama 1 hari. Jambore dilaksanakan mulai jam 8 sampai dengan jam 16. Peserta Jambore adalah tenaga Kesehatan Puskesmas seluruh Indonesia.

Pengabdian Masyarakat

Melayani masyarakat lewat pelayanan berupa deteksi dini COVID-19, penyakit tidak menular (PTM), hepatitis dan kesehatan jiwa, bakti
3M dengan menyebarkan masker kepada masyarakat dan menyerahkan sarana tempat cuci tangan pada tempat-tempat tertentu, aksi bersih-bersih di tempat umum dan senam Bersama. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin sadar untuk berperilaku bersih
dan sehat (PHBS), serta membudayakan Germas.

Seminar dan Wisata Ilmiah

Seminar sehari yang dilaksanakan melalui pertemuan virtual dan ditujukan sebagai media untuk menyampaikan informasi kajian kesehatan masyarakat yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan terkait dengan pencegahan COVID-19 dengan perilaku 3M.

Unjuk Kreasi Bidang Kesehatan Virtual

untuk menampilkan berbagai upaya inovatif di bidang Kesehatan, utamanya dalam melanjalankan program di tengah-tengah pandemi. Unjuk kreasi ini akan dilaksanakan secara vitual.

Lomba – Lomba dan Olahraga

Penyelenggaraan lomba berbagai cabang olahraga dan keterampilan dalam rangka memeriahkan HKN ke-56 di tengah wabah pandemi Covid 19. Diharapkan dengan adanya perlombaan ini dapat semakin memperkuat semangat dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran SDM kesehatan dan masyarakat Indonesia, terutama dalam menghadapi situasi pandemi.

Publikasi dan Penghargaan

merupakan kegiatan pemberian informasi kepada masyarakat tentang kegiatan yang dilakukan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional, termasuk penyampaian pesan – pesan kesehatan kepada masyarakat. Kegiatan publikasi dilakukan melalui media cetak, media elektronik dan media sosial.

Pemberian Piagam Penghargaan Menteri Kesehatan kepada Pahlawan Kesehatan di seluruh Indonesia (dalam berjuang menangani COVID-19), dosen berprestasi, mitra bakti husada, penghargaan Masa Bakti Satyalancana Karya Satya dan Bakti Karya Husada, penghargaan WBK, penyerahan tunjangan hari tua, penghargaan Anugerah Menteri Kesehatan kepada individu atau perorangan yang telah berperan dan berkontribusi luar biasa dalam mendukung keberhasilan program pembangunan bidang kesehatan.

Acara Puncak Virtual

Acara yang akan dilaksanakan adalah; Senam Bersama virtual, Sambutan Menteri Kesehatan, Pengumuman dan Pemberian Penghargaan Bidang Kesehatan, Standup Comedy, dan Musik. Puncak acara ini diselenggarakan dengan melibatkan semua unsur kesehatan, baik di Pusat, UPT, Daerah maupun lainnya, dengan youtube live streaming. Untuk acara ngobrol bareng para komunitas, dialokasikan tersendiri, dengan melihat situasi dan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Sumber : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Buku Panduan HKN ke-56. 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: