Makanan Sehat Ibu Menyusui

Oleh : Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet)

Bagi seorang ibu, menyusui merupakan kewajiban yang harus dijalankan dan kelancaran produksi ASI sangat penting untuk memenuhi kebutuhan si buah hati. Gizi memegang peranan penting dalam hal menunjang produksi ASI yang maksimal, makanan ibu menyusui berpedoman pada Pedoman Gizi Seimbang sebanyak 6 kali perhari, terbagi 3x makan besar dan 3x snack atau selingan,

namun beberapa ibu menyusui memiliki asupan yang kurang karena ketakutan akan bertambah gemuk sehingga berisiko kekurangan energi untuk dapat memproduksi ASI secara maksimal .

Gizi seimbang pada ibu menyusui dapat diartikan bahwa konsumsi makanan ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan untuk dirinya sendiri dan untuk pertumbuhan serta perkembangan bayinya. Gizi seimbang pada saat menyusui merupakan sesuatu yang penting bagi ibu menyusui karena sangat erat kaitannya dengan produksi air susu. Oleh karena itu, pemenuhan gizi yang baik bagi ibu menyusui akan berpengaruh terhadap status gizi ibu menyusui dan juga tumbuh kembang bayinya.

Komponen-komponen di dalam ASI diambil dari tubuh ibu sehingga harus digantikan oleh makan makanan yang cukup jumlah dan gizinya. Oleh karena itu, ibu menyusui membutuhkan zat gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan keadaan tidak menyusui dan masa kehamilan, serta konsumsi pangannya tetap harus beranekaragam. Kebutuhan gizi ibu menyusui meningkat dibandingkan dengan tidak menyusui dan masa kehamilan. Menyusui merupkan cara alamiah makhluk mamalia untuk memberikan makanan dan minuman kepada keturunannya pada awal kehidupan. Pada masa menyusui kebutuhan gizi ibu perlu diperhatikan karena ibu tidak hanya harus mencukupi kebutuhan dirinya melainkan harus memproduksi ASI bagi bayinya.Makanan yang danjurkan saat 6 bulan pertama menyusui kebutuhan ibu meningkat 65gr perhari atau setara dengan 1 ½ porsi nasi. Ibu menyusui membutuhkan tambahan protein 17 gr atau setara dengan 1 porsi daging dan 1
porsi tempe.

Lemak berfungsi sebagai sumber tenaga dan berperan dalam produksi ASI serta pembawa vitamin larut lemak dalam ASI. Kebutuhan minyak dalam tumpeng gizi seimbang sebanyak 4 porsi atau setara dengan 4 sendok teh minyak. Lemak yang diperlukan untuk ibu menyusui yaitu lemak tak jenuh ganda seperti omega 3 dan omega 6. Sumber omega 3 dan omega 6 banyak terdapat pada ikan dan makanan seafood .

Ibu menyusui sangat membutuhkan cairan agar dapat menghasilkan air susu dengan cepat. Dianjurkan minm 2-3 liter air per-hari atau lebih dari 8 gelas air sehari. Menurut penelitian, ibu hamil disarankan mengkonsumsi diet tinggi buah dan sayur serta sayur, ikan dan makanan-makanan yang mengandung tinggi vitamin D​1–5​.

REFERENSI :

  1. 1.
    Kementrian Kesehatan RI. . Makanan Sehat Ibu Menyusui. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. ; 2013.
  2. 2.
    Dewi, A.B.FK. Ilmu Gizi Untuk Praktisi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2013.
  3. 3.
    Innis SM. Impact of maternal diet on human milk composition and neurological development of infants. The American journal of clinical nutrition. 2014;1(3):99.
  4. 4.
    Depkes RI. Manajemen Laktasi : Buku Panduan Bagi Bidan Dan Petugas Kesehatan Di Puskesmas. Jakarta: Depkes RI; 2015.
  5. 5.
    Kurniasih D. Sehat & Bugar Berkat Gizi Seimbang. Jakarta: PT Penelitian Sarana Bobo; 2010.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: